NO. , : HLM
Tentang

ABSTRAK :
    • Konvensi tentang Hak-Hak Anak mengamanatkan kepada negara-negara peserta atau yang telah meratifikasinya, tentang pentingnya pemenuhan hak- hak anak untuk terwujudnya anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Diwujudkan Sekolah Ramah Anak yang merupakan bagian integral dari upaya pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak dimana di dalamnya termasuk juga pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.
      • UU No 23 Thn 2002; UU No 20 Thn 2003; UU No 11 Thn 2005; UU No 22 Thn 2009; UU No 36 Thn 2009; PP No 28 Thn 2004; PP No 47 Thn 2008; PP No 66 Thn 2010; PP No 32 Thn 2013; KepPres No 36 Thn 1990; Permen Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009; Permen No 11 Thn 2011; Permen Negara PP-PA No 12 Thn 2011; Permen PP-PA No 13 Thn 2011; Permen Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013.
        • Dalam permen ini diatur mengenai kegiajak sekolah ramah anak dalam rangka untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Visi yang diusung dalam permen ini berdasarkan UUD RI Tahun 1945 yang diinplementasikan dalam system pendidikan nasional Indonesia, sehingga setiap anak Indonesia di berikan kebebasan dalam menentukan hak-haknya sebagai anak Indonesia, diantaranya Hak mengembangkan diri, berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran, tumbuh kembang anak, dilindung dari setiap bentuk kekerasan, dan sangaan masyarakat tentang anak cacat dan labelisasi dilindung oleh Negara. Dalam hal ini Negara juga memberikan bantuan 20% dana pendidikan bagi terealisasikan setiap kegiatan pendidikan yang berkaitan dengan hak-hak anak Indonesia.

  • Dasar Hukum Undang-Undang ini adalah :


  • Dalam Undang-Undang ini diatur tentang :

CATATAN :