2014
PERMEN NO. 7, : 33 HLM
Peraturan Menteri Tentang Panduan Penilaian Perusahaan Pembina Terbaik Perempuan Pekerja

ABSTRAK :
  • Untuk meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab perusahaan untuk melakukan pembinaan terhadap pekerja perempuannya agar tercipta peningkatan produktivitas kerja dan kesejahteraan pekerja perempuan yang meningkat, masing-masing pihak harus memiliki keinginan yang sama untuk memajukan Perusahaan, agar terjadi kerjasama yang baik antara pihak pemerintah, pemerintah dalam hal ini kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada perusahan yang dinilai baik.

     
     

     


  • Dasar Hukum Undang-Undang ini adalah :

     Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970; Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003; Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004; Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009; Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010; Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000; Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 4 Tahun 2010.


  • Dalam Undang-Undang ini diatur tentang :

    Dalam permen ini diatur mengenai panduan bagi perusahaan terbaik yang terkait perempuan pekerja. Perusahaan yang mempekerjakan perempuan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan, sehingga perempuan pekerja memperoleh perlindungan, pembinaan, kesehatan kerja, keselamatan kerja dan kesejahteraan sesuai dengan hak-haknya sebagai pekerja. Perlindungan perempuan pekerja juga meliputi perlindungan fungsi reproduksi, maka pihak Perusahaan berkewajiban menyediakan fasilitas penunjang bagi pekerja/buruh perempuan. Dan juga pihak perusahan tidak dibenarkan memberlakukan diskriminasi gender di lingkungan kerja dengan membedakan ras, warna kulit, jenis kelamin, agama, keyakinan politik dan kebangsaan. Sebagai bentuk apresiasi pemerintah memberikan penghargaan dilakukan berdasarkan mekanisme dan tata cara yang telah ditetapkan,tetapi masih banyak perubahan UU dan Nomenklatur
    Kementerian/lembaga sehingga dibutukan penyesuaian dalam instrumen ini.
CATATAN :

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, 30 September 2014